Harga Ikan Gabus Giling Melonjak

Harga Ikan Gabus Giling Melonjak
Ikan Giling: Saat ini harga kan gabus giling melonjak. Tampak beberapa pedagang tengah menguliti ikan sebelum digiling

Pasokan Kurang

PALEMBANG — Pasokan ikan gabus di pasar tradisional di Palembang kurang. Hal ini membuat harga ikan gabus dan daging giling melonjak, normal Rp 40 ribu per kilo, saat ini naik menjadi Rp 70 ribu per kilogramnya. Pantauan koran ini di tiga pasar yang ada di Palembang, yakni Pasar Lemabang, Sako, dan Kuto, peminat ikan gabus giling ini juga mengalami peningkatan dibandingkan hari biasa.

Romlan (52), salah seorang pedagang ikan giling di Pasar Lemabang mengatakan, harga ikan gabus giling melonjak tajam. Biasanya per kilo hanya Rp 40 ribu, tapi saat ini harganya naik menjadi Rp 70 ribu per kilonya. “Kalau untuk ikan gabus giling yang sudah nginap, harganya menjadi Rp 50 ribu ribu per kilo. Naik Rp 15 ribu dibandingkan hari biasanya,” unkapnya kepada koran ini.

Berbeda dengan pedagang di Pasar Satelit Sako. kenaikan harga ikan gabus giling tidak begitu siknifikan. Kenaikan harganya hanya Rp 5 ribu per kilonya.

Menurut Herman (28), salah seorang penjual ikan gabus giling di Pasar Satelit Sako, dalam seminggu terakhir ini ikan gabus giling mengalami kenaikan dibandingkan hari biasa. Ikan gabus glng segar harganya Rp 40 ribu per kilo, sekarang naik menjadi Rp 45 ribu. “Kalau untuk ikan gabus giling yang menginap sebelumnya Rp 25 ribu per kilo, sekarang naik Rp 30 ribu per kilonya,” ujarnya.

Kenaikan harga ini, lanjutnya, disebabkan lantaran akhir-akhir ini penjualannya juga mengalami peningkatan. Biasanya hanya menjual 70 hingga 80 kilo per hari, namun sekarang ini bisa menjual hingga 100 klo per hari. “Bahkan kalau mendekati hari raya bisa menjual hingga 200 kilo per hari.” bebernya.

Selain itu, sambungnya, kenaikan harga ikan gabus giling ini karena faktor cuaca. Biasanya kalau sedang banyak hujan stok ikan gabus sangat sedikit, hal tersebutlah yang menbuat harganya cukup melejit.

Sementara itu, di Pasar Kuto, salah seorang penjual ikan gabus untuk digiling, M Zen (80), mengatakan, dirinya tidak mlayani ikan gabus giling, namun hanya menyiapkan ikan gabus untuk digiling, dimana daging sudah dipisahkan dari tulang dan kulitnya. “Dalam beberapa hari terakhir mengalam kenaikan menjadi Rp 60 ribu per kilo, padahal sebelumnya Rp 35 ribu per kilo,” kata M Zen yang sudah berjualan sejak 57 tahun ini. (cj8/via/ce5)

Sumatera Ekspres, Rabu, 10 Juli 2013

About these ads

About Iwan Lemabang

Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Posted on July 10, 2013, in Palembang and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: