Raskin Sumsel Diprediksi Turun

LEMABANG 2008 PALEMBANG — Untuk tahun depan, rumah tangga sasaran (RTS) penerima alokasi beras untuk rakyat miskin (raskin) diperkirakan akan berkurang. Prediksi ini diungkapkan Kepala Bulog Divre Sumsel, Bambang Napitupulu, belum lama ini.

Menurutnya, secara nasional tahun depan (2013, red), total penerima raskin berkurang dari 17,5 juta RTS menjadi 15,5 juta. Artinya, untuk seluruh wilayah Indonesia ada pengurangan 2 juta RTS. “Kemungkinan besar pasti berdampak untuk Sumsel, penerima RTS yang ada akan dikurangi,” tuturnya.

Adanya penurunan RTS penerima raskin disesuaikan dengan data TNP2K (Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan). Diungkapkan Bambang, jumlah penerima raskin tahun ini saja ada penurunan sekitar 10 persen dibandingkan tahun lalu (2011).

“Kalau tahun lalu masih menggunakan data BSP hasil PPLS 2008. Lalu berkurang setelah gunakan data PPLS 2011,” cetusnya.

Untuk diketahui, penerima sakin diSumsel periode Januari-Mei 2012 mencapai 596.942 RTS. Namun, untuk periode Juni-Desember, yang menerima prograam raskin berkurang cukup banyak. “Berdasarkan kuota penerima yang kita terima, sejak Juni Hingga Desember nanti yang menerima hanya 459.561 RTS atau kalau digabungkan bersama penerima RTS Provinsi Babel ada 502.931 RTS,” jelasnya.

Apa artinya pengurangan penerima raskin ini? Dikatakan Bambang, berkurangnya penerima raskin mengindikasikan angka kemiskinan di wilayah Sumsel juga menurun. “Artinya, Provinsi Sumsel sukses menekan angka kemiskinan,” imbuhnya.

Untuk diketahui, data BPS yang diolah dari hasil survei sosial ekonomi nasional (Susenas) menyebutkan, jumlah penduduk miskin di Sumsel per Maret 2012 tersisa 1,057 juta jiwa (13,87 persen) dari total penduduk Sumsel.

Dibandingkan 10 tahun lalu (2002, red), terjadi penurunan jumlah penduduk miskin yang cukup siknifikan. Pasalnya, pada 2002 tercatat ada 1,4341 juta jiwa penduduk Sumsel yang miskin atau 22,49 persen. (tha/ce2)

————————————————————–
Sumatera Ekspres, Senin, 15 Oktober 2012
————————————————————–

About Iwan Lemabang

Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Posted on October 15, 2012, in Palembang and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: