Perumahan Guru Batal Dilelang

Perumahan GuruBatal Dilelang
Batal Dilego: Setelah batal dilelang, sejumlah rumah dinas guru di Kelurahan Kotaraya, Kecamatan Kayuagung, Kabupaten OKI akan dijual dengan sistem sewa beli

KAYUAGUNG — Setelah didesak, Pemerinta Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI) akhirnya mengabulkan permintaan warga agar melego 47 unit rumah di perumahan guru yang terletak di Kelurahan Kotaraya, Kecamatan Kayuagung, Kabupaten OKI yang sudah berumur puluhan tahun.

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan, Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten OKI, H Muslim SE MSi melalui Kabid Aset, Norman Agung penjualan rumah tersebut menggunakan sistem sewa beli. “Sebelumnya warga minta rumah tersebut dilelang,” ujarnya.

Tapi, mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri No 17 tahun 2007, bukan dilelang tetapi sewa beli. Dikatakan Norman, perumahan guru tersebut merupakan rumah Dinas Golongan III untuk pegawai, beberapa syarat untuk ewa beli rumah tersebut telah ditentukan oleh permendagri No 17 tahun 2007. “Mulai dari nilainya berapa, kemudian siapa saja yang berhak membeli rumah tersebut dan yang lainnya,” katanya. Lanjut Norman, DPPKAD hanya sebagai pihak yang membantu sekda dalam proses yang diusulkan oleh warga penghuni rumah tersebut. Mengenai harga rumah, terang Norman, bervariasi mulai dari Rp 50-60 juta, pembayarannya diangsur tidak secara sekaligus. “Saat ini pembayaran sudah mulai dilakukan sebesar 5 persen dari harga jual,” ungkapnya.

Harga rumah tersebut sesuai dengan kondisi rumah dan hasil penilaian. Pembelnya dikhususkan kepada warga yang telah memiliki izn penghuni. “Saat ini SK penjualan sudah selesai,” katanya. Anggota DPRD OKI, M Husni Thamrin mengatakan, dengan adanya sewa beli perumahan guru tersebut sangat membantu masyarakat. Apalagi pihaknya sudah lama meminta kepada pemerintah agar dapat dilelang atau dengan kata lain sewa beli.
<"Saat ini permintaan masyarakat itu sudah dikabulkan, itu artinya hal yang sudah kita usulkan selama ini tidak sia-sia, sekarang masyarakat sudah lega bisa menempati rumah dengan tenang," katanya. (hak/vin/ce3)

Sumatera Ekspres, Selasa, 25 Juni 2013

About Iwan Lemabang

Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Posted on June 25, 2013, in Sumsel and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: