Prediksi Harga Naik 20 Persen

Prediksi Harga Naik 20 Persen
Bahan Pokok: Salah satu lapak yang menjual beragam sayur mayur dan baan pokok di Psar Cinde. Harga mulai merangkak naik diprediksi akan meroket hingga Lebaran nanti.

PALEMBANG — Kenaikan harga BBM bersubsidi diprediksi akan mendongkrak kenaikan harga sembako di pasaran sekitar 20 persen. Prediksi kenaikan itu diperkirakan hingga Lebaran Idul Fitri nanti.

“Kenaikan harga sembako dipicu naiknya biaya produksi dan transportasi,” ucap Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dalam Negeri Palembang (PDN) Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Palembang, Yustianus SE, kemarin.

Menurutnya, saat ini ada beberapa bahan pokok yang sudah merangkak naik. Telur semula Rp 16-17 per kilogram menjadi Rp 18 ribu. Untuk ayam dari Rp 28 ribu per kilogram menjadi Rp 33 ribu. Lalu cabe keriting, semula Rp 40 ribu menjadi Rp 42 ribu per kilogram. Selain itu kacang hijau dari Rp 13 ribu menjadi Rp 15 ribu per kilogram. “Hingga jelang Lebaran, kita prediksi bisa mencapai 20 persen kenaikannya dari harga normal,” cetusnya. Untuk harga daging masih stabil yakni Rp 100 ribu per kilogramnya. Untuk beras, ada sedikit kenaikan tapi tidak siknifikan. Kata Yustianus, pihaknya akan segera melakukan opreasi pasar (OP) jika kenaikan harga bahan pokok sudah dirasa mengganggu daya beli masyarakat.

Katanya, untuk menekan kenaikan harga bahan pokok jelang puasa ini, Disperindagkop akan bekerja sama dengan perusahaan dan pelaku usaha seperti JM, Indofood dan lainnya menggelar bazar atau pasar murah memanfaatkan dana corporate social responsibility (CSR). Pemprov Sumsel sudah berencana menggelar pasar murah. Dana yang dianggarkan sekitar Rp 2,6 miliar. “Sebagaimana arahan gubernur, maka pasar murah ini secepatnya akan kita gelar. Khususnya menjelang Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri,” ujar Kadisperindag Sumsel, H Nasrun Umar melalui Kabid Perdagangan Dalam Negeri (PDN), Ir Ganda Yuni.

Diharapkan pelaksanaan pasar murah ini dapat juga diikuti pemerintah kabupaten/kota di Sumsel. Pasar murah ditujukan membantu masyarakat terutama menghadapi bulan puasa dan meningkatkan kebutuhan jelang Lebaran. “Mudah-mudahan pasar murah yang digeber ini dapat membantu masyarakat memenuh kebutuhan sehari-hari,” ungkapnya. Belum dipastikan jadwal dan lokasi pasar murah tersebut.

Kepastian akan ditentukan 2 Juli mendatang. “Pada tanggal itu kita akan menggelar rapat koordinasi dengan seluruh rekanan terkait, meliputi pengusaha/pabrik, distributor, usaha makro dan grosir serta BUMN yang memang setiap tahunnya ikut andil dalam dalam menyukseskan pasar murah melalui program kemitraan bina lingkungan (PKBL),” paparnya.

Sementara itu, ketersediaan daging sapi masih menjad persoalan. Mengantisipasi kekurangan stok, Dinas Peternakan mempersiapkan beberapa alternatif. “Kia sudah siapkan stok sekitar 500 ekor sapi menjelang Lebaran nanti, terutama bagi Palembang yang konsumsinya lebih besar dibanding daerah lain,” kata Kepala Dinas Peternakan Sumsel, Ir Asrilazi.

Saat ini, pihaknya menggenjot produktivitas program integrasi sapi sawit, memaksimalkan Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) dan bermitra dengan pondok pesantren dalam upaya pengembangan sapi. Katanya, pemerintah pusat berencana mengimpor 250-300 ribu ekor sapi. Belum dipastikan berapa alokasi untuk Sumsel. “Sekarang masih dalam tahap pembahasan, daerah mana saja yang akan mendapatkan alokasi,” tuturnya.

Dalam kondisi normal, kebutuhan sapi di Sumsel mencapai 300 per hari. Kota Palembang menjadi daerah dengan kebutuhan terbesar, 100 ekor per hari. “Kalau kabupaten/kota lainnya paling hanya 20 ekor saja. Tapi jelang Lebaran ini, kita prediksi ada peningkatan kebutuhan sekitar 20 persen,” tukasnya. (yun/rip/ce2)

Sumatera Ekspres, Selasa, 25 Juni 2013

About Iwan Lemabang

Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Posted on June 25, 2013, in Palembang and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: