Amankan Tujuh Imigran Gelap

Amankan Tujuh Imigran Gelap
Limpahkan: Tujuh imigran gelap asal Pakistan yang dilimpahkan dari Polres Banyuasin ke Polda Sumsel

Di Banyuasin, dari Riau tujuan Jakarta

BANYUASIN — Operasi Patuh yang digelar jajaran Polres Banyuasin, sekitar pukul 09.00 WIB, kemarin (4/7), mengamankan tujuh imigran gelap asal Pakistan. Mereka terjaring dalam razia di depan pintu gerbang Kayu Are Kuning, Km 42, Pangkalan Balai saat mengendarai mobil Toyota Avanza bernopol BM 1860 FH yang disopiri Effendi Sarifudin (45), warga Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Curiga mobil itu dipenuhi pria asing, polisi lalu menanyakan surat-surat dokumen diri. Tak disangka, salah satu imigran yang belakangan diketahui bernama Ali Badsah (30) langsung melarikan diri. Namun berhasil ditangkap lagi oleh polisi. Tak ayal, seluruh pengendara mobil itu langsung digelandang ke Mapolres Banyuasin untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Diketahui, yang lainnya bernama Syakir Husain (19), Jawid Ali (19), Hanif bin Inai (21), Imtinah (19), Asradullah (19), dan Ukinali (19). Dari ketujuh warga Pakistan itu hanya Syakir Husain yang memiliki paspor, itupun paspor wisata. Sementara enam lainnya, tidak memiliki paspor maupun kartu identitas diri lainnya.

Dari keterangan Effendi, dia membawa tujuh warga Pakistan itu atas perintah Ema, salah satu agen pekerja di Kabupaten Kampar Riau. Untuk dibawa ke Bandara Internasional SMB II Palembang. “Setelah sampai bandara, nanti akan ada orang yang menunggu dan memberi tiket pesawat keberangkatan tujuan Jakarta,” ungkap Effendi.

Lanjut Effendi, mobil sudah disiapkan Ema. Jika berhasil mengantarkan imigran gelap itu sampai Bandara Internasional SMB II Palembang, Effendi akan diberi upah Rp 2,5 juta. “Keburu tertangkap ini, berarti nggak bakal di bayar ini. Saya hanya sopir, tidak tahu asal-usul mereka dari mana. Bahkan mereka (ketujuh imigran itu, red), tidak ada yang kenal satu sama lainnya,” aku Effendi.

Salah satu imigran, Syakir Husain yang memiliki paspor wisata, mengaku baru kenal dengan warga Pakistan lainnya itu saat berangkat dari Riau. Di Indonesia, mereka berusaha mencari pekerjaan. “Kami ini pekerja, hendak ke Jawa untuk mencari pekerjaan,” ucap Syakir Husain, dengan bahasa Inggris yang sepenggal-sepenggal.

Menurutnya, dia sudah pernah bekerja di Indonesia sebagai guide beberapa turis Palestina yang sedang berada di Indonesia. Dia berangkat dari negaranya Palestina, akhr bulan lalu. Pertama ke Malaysia, lalu masuk ke Indonesia lewat jalur perairan ke Provinsi Riau. “Rata-rata kami pekerja dan memang tidak memiliki surat menyurat,” tambah Syakir Husain.

Terpisah, Kapolres Banyuasin AKBP Ahmad Ikhsan, membenarkan dari pendataan pihaknya hanya satu imigran yang mengantongi paspor wisata, yang lainnya tidak ada. “Jadi kemungkinan besar memang imigran tanpa keterangan atau imigran gelap. Untuk itu kami sudah berkoodinasi dengan Polda Sumsel dan Imigrasi Klas I Palembang,” jelasnya.

Pantauan koran ini, sore kemarin ketujuh imigran gelap tersebut sudah berada di Mapolda Sumsel. Menjalani pemeriksaan di Subdit IV/Renata Direktorat Reskrimum Polda Sumsel pimpinan AKBP Yanbudi Jaya SIk MM.

.”Paspor milik Syakir yaitu tujuan Bali, tertanggal 29 Juni 2013. Hari ini (kemarin, red) akan kami koordinasikan ke Imigran Palembang. Sedangkan sopirnya (Effendi, red) masih kami mintai keterangan lebih lanjut. Ada dua orang imigran bisa berbahasa Inggris, namun masih terbata-bata. Sementara itu tidak kami temukan barang-barang yang mencurigakan milik ketujuh imigran itu,” beber Yanbudi, yang juga pernah menjabat Wakalopres Banyuasin. (qda/cj1/air/ce1)

Sumatera Ekspres, Jumat, 5 Juli 2013

About Iwan Lemabang

Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Posted on July 5, 2013, in Sumsel and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: