Makanan Khas Mulai Diserbu

Makanan Khas Mulai Diserbu
Makanan Berbuka: Makanan ciri khas Palembang menjadi incaran untuk berbuka puasa. Tampak pedagang di kawasan 26 Ilir Palembang menjajakan pempek sebagai salah satu makanan khas Palembang

PALEMBANG — Berbagai makanan khas yang biasa hadir di bulan suci Ramadhan kini mulai terlihat di pasar tradisional. Seperti pempek, buah kolang-kaling, cincau, hingga cendol. Meski belum ada lonjakan pembeli, pedagang optimis jika dagangannya bakal laris.

“Jenis makanan ini sudah dekat dengan masyarakat, jadi mudah dikenal dan harganya murah.” ujar Rahma, salah seorang pedagang makanan yang mangkal di Pasar Cinde Palembang, kemarin.

Dia mulai mejual makanan yang biasa dibuat kolak untuk berbuka puasa sejak dua hari lalu. “Kalau melihat pembelinya belum begitu banyak, mengingat awal puasa belum pasti waktunya. Kemungkinan akan diserbu pembeli besok (hari ini, red),” katanya.

Dia begitu optimis dagangannya bakal laris, apalagi makanan khas tersebut sudah banyak dikenal masyarakat. Untuk dawet dijual seharga Rp 3 ribu/bungkus, kolang-kaling Rp 6 ribu/kantong, cincau Rp 6 ribu, dan cendol Rp 3 ribu. “Kolang-kaling memang harganya agak mahal. Karena didatangkan dari Medan dengan ukuran sedikit besar,” terangnya.

Begitu juga di kawasan 26 Ilir yang dikenal makanan ciri khas pempek mulai dipadati para pembeli. Pantauan koran ini, kemarin (9/7) pukul 16.00 WIB trlihat masyarakat mulai ramai membeli makanan untuk berbuka puasa. Eddy, salah seorang pedagang pempek di kawasan 26 Ilir mengatakan, saat bulan puasa pembeli sangat ramai bahkan sampai ada yang memesan untuk seminggu. “Biasanya pembeli sangat ramai, bahkan kewalahan untuk melayaninya,” ungkapnya. (uni/cj4/ce5)

Sumatera Ekspres, 19 Juli 2013

About Iwan Lemabang

Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Posted on July 10, 2013, in Palembang and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: