IOI Belum Bisa Terima Mahasiswa

Tergantung Izin Pusat, Tunggu Lahan Bersertifikat

IOI Belum Bisa Terima Mahasiswa
MAKET: Tampak depan kompleks Institut Olahraga Indonesia (IOI)

PALEMBANG — Keinginan mnerima mahasiswa angkatan perdana Institut Olahraga Indonesia (IOI) terganjal izin pemerintah pusat. Karena itu, hingga saat ini rencana penerimaan belum dapat dilaksanakan. “Kami belum bisa melakukan penerimaan lantaran masih terkendala lahan,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Drs Widodo MPd. Diungkapkan, Dinas Pendidikan baru diberikan izin oleh pusat (membuka penerimaan) jika lahan yang disiapkan benar-benar sudah clear.

Padahal, kata Widodo, pihaknya sudah sangat siap jika memang harus membuka pendaftaran sekarang. “Kapan pun bisa kami buka karena pada dasarnya sudah siap. Namun, semua itu tergantung izin,” jelasnya.

Jumlah mahasiswa yang akan diterima untuk menimbah ilmu di IOI disesuaikan dengan kapasitas ruangan. Sedangkan tenaga pengajar, akan dilakukan seleksi terlebih dahulu agar mendapatkan yang memang berkompeten di bidangnya. “Kita ambil dari UI, UNJ, dan perguruan tinggi terbaik lainnya di Indonesia,” imbuhnya.

Gedung IOI akan dibangun di atas lahan seluas 26 hektare di kawasan Jakabaring Sport City (JSC). Nah, jika lain tersebut ternyata belum memiliki sertifikat. “Jika tanahnya selesai, maka semuanya clear karena dana dan pembangunan juga sudah siap,” ujar Syaidina Ali, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumsel.

Kabar baiknya, proses sertifikasi lahan untuk gedung IOI sudah diurus pihak terkait. Hanya saja, belum diketahui kapan selesainya. “Kita tinggal menunggu sertifkat lahannya selesai,” kata dia.

Setelah itu kelar, selanjutnya menunggu penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemprov dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). “Kita tak tahu secara jelas berapa dana dibutuhkan. Namun, desainnya sudah siap. Sertifikat itu penting agar ke depan tidak ada masalah yang trerjadi,” bebernya.

Meski belum ada kepastian dimulainya pembangunan. Syaidina mengungkapkan, kemungkinan besar kegiatan belajar mengajar akan dimulai pada tahun ini juga. “Akan menggunakan gedng-gedung yang ada di JSC, disesuaikan kebutuhannya sambil menunggu proses pembangunan,” tuturnya.

Sebelumnya, Kabid Tata Bangunan dan Perumahan Dinas PU Cipta Karya, KM Aminuddin menyatakan, lokasi banguna IOI berada di arah utara Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, wisma atlet, dan gedung Sport Science Center (SSC). “Nanti (gedung IOI) dikelilingi kanal. Lahannya milik Pemprov,” katanya.

Berdasarkan masterplan, ada tujuh rencana tapak yang akan dibangun menjadi kompleks IOI. Diantaranya, kelompok gedung pelayanan umum yang terdiri dari ruang penerima, layanan umum kantor pos, bank, koperasi, masjid, kampus, poliklinik umum, refleksi, sport massage, dan parking lot. Ada juga kelompok pelayanan pusat yang terdiri dari gedung Uni Pusat Layanan Administrasi, LPM, dan gedung pertemuan/audiotorium/sportorium. (rif/ce4)

Sumatera Ekspres, Senin, 23 September 2013

About Iwan Lemabang

Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Posted on September 23, 2013, in Palembang. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: