Keluhkan Limbah Batu Bara

Keluhkan Limbah Batu Bara
Tercemar: Warga bantaran Sungai Musi di sekitar Stasiun Kertapati mengeluhkan limbah batu bara yang mencemari air sungai. Dimana, kondisi sebagian air sungai yang ada di tepian terlihat menghitam.

Ki Merogan — Beberapa hari terakhir, warga yang bermukim di bantaran Sungai Musi di kawasan Stasiun Kertapati mengeluh adanya limbah batu bara. Selain membuat kondisi air sungai tidak bersih, juga berbahaya bagi kesehatan masyarakat. Apalagi, hampir sebagian besar masyarakat bantaran sungai di kawsan tersebut menggunakan air sungai untuk aktivitas sehari-hari.

“Kalau sehari dua hari, tidak masalah. Tapi ini terjadi setiap hari, bahkan air sungai yang seharusnya bersih menjadi hitam. Tentunya masyarakat disusahkan,” kata Imah, salah seorang warga yang ditemui koran ini saat sedang mencuci di bantaran Sungai Musi tersebut.

Diakui Imah, untuk mengantisipasi penggunaan air sungai untuk keperluan masak dan minum, warga lebih memilih membeli air galon atau air kemasan. Sebab, bila dipaksakan, akan berdampak buruk bagi kesehatan. “Biarlah rugi sedikit asal kesehatan kita tetap terjaga. Sebab itu, pemerintah harus segera bertindak agar air sungai yang lain tidak trcemar,” bebernya.

Senada, Usman, warga bantaran Sungai Ogan mengatakan, memang secara langsung tidak berdampak ke Sungai Ogan. Meski demikian, kalau ini tdak segera dibersihkan, Sungai Ogan akan ikut tercemar.

Sekcam Kertapati, Dwi Yudiansyah mengungkapkan, menyikapi keluhan masyarakat ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait. Yang jelas, akan segera ke lapangan untuk memastikan keluhan masyarakat ini. Paling tidak, dari sini akan didapatkan solusi dalam mengatasi persoalan ini. (afi/ce4)

Sumatera Ekspres, Jumat, 1 November 2013

Posted on November 1, 2013, in Palembang. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: