Siapkan Lahan Pengganti

Kawasan Hijau Pengganti Underpass

Siapkan Lahan Pengganti
Hilang: Kawasan hijau di Simpang Patal berkurang karena adanya pembangunan underpass. Saat ini sedang dicari lahan pengganti sebagai konpensasi kawasan hijau di Simpang Patal yang hilang tersebut

PALEMBANG — Pembangunan underpass di Simpang Patal harus mengorbankan ratusan pohon besar. Underpass ini untuk mengurai kemacetan parah yang rutin terjadi di kawasan tersebut.

Camat Kalidoni, Asnawi SSos mengatakan, sebagian daerah tersebut merupakan kawasan hijau yang berada di wilayahnya. “Artinya, dengan adanya penebangan tersebut, jelas kawasan hijau di Kecamatan Kalidoni berkurang,” ujarnya, kemarin.

Namun, Asnawi mendukung progrsam pemerintah untuk mengurai kemacetan. “Kalau pemerintah berencana membuatkan taman sebagai konpensasi penebangan pepohonan besar itu, kami siap memfasilitasi ketersediaan lahan,” tandasnya.

Pepohonan yang ditebang itu tersebut sudah berumur puluhan tahun dan berukuran besar. Jadi menghasilkan banyak oksigen. “Dengan penebangan itu sudah jelas produksi oksigen di kawasan tersebut berkurang,” tambahnya.

Sementara Camat Ilir Timur (IT) II Syahirulgama juga mengatakan siap untuk memfasilitasi ketersediaan lahan apabila pemerintah akan membangunkan taman sebagai konpensasi pembangunan underpass. “Jelas kami siap. Ini juga untuk menjaga kondisi alam yang tetap lestari,” tukasnya.

Untuk kawasan Ilir Timur (IT) II memang cukup padat dengan jumlah penduduk lebih dari 175 ribu jiwa. Pertumbuhan pembangunannya juga lumayan cepat.

“Oleh kaena itu saya juga mengimbau kepada warga untuk melakukan penghijauan sendiri di perkarangan rumahnya,” pungkasnya. (cj8/ce5)

Sumatera Ekspres, 1 November 2013

Posted on November 1, 2013, in Palembang. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: