Kapal Besar Harus Koordinasi

Kapal Besar Harus Koordinasi
Duplikasi: Seorang warga melihat dari dekat proyek duplikasi Jembatan Musi II. (inzet) Tampak pilar-pilar baja untuk tiang jembatan terpancang di tengah sungai

PALEMBANG — Kapal besar, yang akan melalui perairan Musi II, tidak bisa melanggeng leluasa. Adanya proyek duplikasi Jembatan Musi II mengharus nakhoda kapal berkoordinasi dengan pihak yang mengerjakan jembatan itu.

“Kalau ada kapal atau tongkang besar lewat, pihak syahbandar pelabuhan akan melakukan koordinasi dulu dengan kami. Ketika kapal itu lewat, semua antisipasi sudah dilakukan,” ungkap Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 14 Satuan Non-Vertikal Tertentu (SNVT) Pelaksanaan Jalan dan Jembatan Metropolitan Palembang BBPJN Wilayah III, Azwar Edie.

Saat ini, proges fisik duplikasi Jembatan Musi II sudah mencapai 55 persen. Meski sedikit terkendala cuaca, pihaknya terus menyelesaikan duplikasi jembatan yang telah dimulai sejak awal tahun itu. “Musim hujan cukup mengganggu pembangunan karena karena pasang surut air sungai jadi tidak tentu,” tuturnya.

Dipastikan Azwar, pembangunan yang lebih berat akan mereka hadapi bulan Desember mendatang. Saat itu, pengerjaan bagian atas jembatan segera dilakukan. “Kami tetap optimis pembangunan selesai sesuai target, rampung Oktober 2014,” bebernya.

Saat ini, pekerjaan pembangunan bagian bawah, termasuk pilar-pilar jembatan hampir selesai. Pekerja yang dipekerjanya 100-200 pekerja. Ketika puncaknya yaitu pembangunan bagian atas jembatan , jumlah pekerja bisa lebih dari itu.

?Sebelumnya, Kepala Bidang Perencanaan Balai Besar Pelaksana Jalan Negara (BBPJN) III, Syarkowi mengatakan, pembangunan duplikasi Jembatan Musi II dengan ketinggian 14,9 meter dari permukaan air normal menelan dana Rp 333 miliar. “Dana berasal dari APBN, kecuali pembebasan lahan yang dananya dari APBD,” jelasnya. Berdasarkan perhitungan, jembatan yang pada bagian atas bentang utama dipasangi pelengkung baja ini bisa dilalui sekitar 20 ribu kendaraan per hari. (rip/ce4)

Sumatera Ekspres, Jumat, 8 November 2013

About Iwan Lemabang

Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Posted on November 8, 2013, in Palembang. Bookmark the permalink. 1 Comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: