Kabut Asap Sempat Menebal

Kabut Asap Sempat Menebal PALEMBANG — Udara Palembang, khususnya di perairan Sungai Musi, sempat sedikit berkabut agak tebal, kemarin (6/3) siang. Namun, kabut berbau asap itu bukan kiriman dari Riau. Kepastian itu diungkapkan Kepala (UPTD) Pengendalian Kebakaran Lahan dan Hutan (PKLH) Dinas Kehutanan (Dishut) Sumsel, Achmad Taufik.

“Kabut yang sempat terjadi itu karena ulah petani yang membakar kebun di jalan Palembang–Inderalaya serta kawasan Tanjung Lago, Banyuasin,” kata Taufik kepada Koran Ini. Menurutnya, kondisi berkabut itu hanya berlangsung sesaat.

Dengan kesadaran sendiri, para petani yang membakar areal kebun mereka langsung mematikan api. “Mereka bukan membakar hutan, tapi rumput-rumput di kebun sendiri. Biasanya dilakukan sekitar pukul 14.00 WIB dan padam sorenya,” jelasnya. Untuk kondisi hotspot, hingga kemarin tidak terdeteksi adanya hotspot di wilayah Sumsel.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi Kenten BMKG Sumsel, Indra Purnama, membenarkan adanya kabut asap yang menyelimuti langit Metropolis, khususnya perairan Musi. Namun, ia memastikan kalau itu bukan kabut asap dari pembakaran lahan atau kiriman Riau. “Itu kabut asap kendaraan bermotor dan partikel kendaraan lainnya yang lambat hilang. Kabut asap yang terjadi ini masih dalam tahap wajar,” katanya. Menurut Indra, kelembaban udara di Palembang masih tinggi. Kemungkinan untuk terjadinya kabut asap yang pekat sangat kecil.

Jika dalam 2-3 hari ke depan kabut asap ini tidak hilang dan semakin pekat, maka barulah kabut tersebut diperkirakan asap kiriman Riau dan Sumatera Utara. (rip/yun/ce4)

Sumatera Ekspres, Jumat, 7 Maret 2014

About Iwan Lemabang

Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Posted on March 7, 2014, in Palembang and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: