Monpera Jadi Kawasan dan Taman Terbuka

Monpera Jadi Kawasan dan Taman Terbuka

PALEMBANG — Sebagai salah satu perwajahan Kota Palembang, Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) terkesan tidak dianggap. Selain sepi kunjungan, juga kurang menarik untk dikunjungi. Hal itu yang mendorong Pemkot Palembang melakukan revitalisasi. Konsep ke depan, Monpera jadi kawasan dan taman terbuka untuk publik.

Kepala Dinas Tata Kota, Isnaini Madani, mengakui belum optimalnya fungsi dan keberadaan Monpera. Padahal, secara lokasi sangat strategis karena terletak di puusat kota. “Saat ini, sudah mulai dikerjakan perbaiakn Monpera, yakni memotong pagar Monpera. Ke depan, Monpera akan menjadi taman dan kawasan terbuka untuk publik,” bebernya.

Monpera Jadi Kawasan dan Taman Terbuka Selain pagar, objek revitalisasi lainnya seperti penghijauan di seluruh area dan keliling Monpera. Juga akan ada air mancur menari di tengah Monpera, plus tulisan “Palembang”. Akan disediakan kursi di pinggir (tepi) area Monpera untuk tempat bersantai.

“Jadi, tidak ada lagi pagar yang membatasi. Yang ada hanya tangga kecil melingkar di seluruh kawasan Monpera,” ucap Isnaini. Selain itu, Monpera dan Museum Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II juga akan menyatu.

“Akan disediakan tempat foto-foto dengan view langsung ikon Palembang dan Ampera,” tuturnya. Untuk menarik minat masyarakat agar berkunjung ke mseum, akan dibangun lift, namun di lantai lima. Masyarakat yang ingin naik ke rooftop (puncak Monpera) harus berjalan kaki.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palembang, Yanuarpan mengatakan, Mompera memang harus segera direvitalisasi mengingat kondisi fisik bangunan sudah banyak tidak prima lagi. Banyak batu alam yang terkelupas. “Revitalisasi akan melibatkan Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) terkait, sesuai dengan tugas dan fungsi,” cetusnya.

Misalnya, Penerangan Jalan, Pertamanan, dan Pemakaman (DPJPP) yang akan melakukan penambahan lampu, taman, dan air mancur. Kemudian, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PU BM) membangun jalan dan lainnya. “Pengerjaan Monpera akan dilakukan secara bertahap,” sebutnya.

Wali Kota Palembang, H Romi Herton mengatakan, kenyamanan yang meliputi kebersihan, keindahan, dan keamanan Kota Palembang akan menjadi daya pikat investasi dan kunjungan wisata ke Palembang. “Palembang harus dibuat senyaman mungkin sehingga warga maupun pendatang merasa betah,” kata Yanuarpan. (yun/ce4)

Sumatera Ekspres, Senin, 17 Maret 2014

About Iwan Lemabang

Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Posted on March 17, 2014, in Palembang and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: