Palembang Segera Bangun Taman Bunga

Palembang Segera Bangun Taman Bunga

Pemerintah Kota Palembang dalam waktu dekat akan segara membangun taman bunga serta lahan pembibitan bunga di Palembang. Setidaknya, sudah disiapkan lahan seluas 7 hektare untuk merealisasi rencana ini.

Wali kota Palembang, H Romi Herton SH MH, mengatakan, ke depan Palembang harus memiliki lahan khusus untuk pemgembangan tamanam hias sekaligus pembibitannya. Sehingga, untuk taman-taman kota termasuk taman di median jalan, akan menggunakan tanaman yamg memang disiapkan dilahan tersebut. Pengerjaan taman bunga ini akan diakomodir oleh Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan serta DPJPP.

“Lahannya sudah kita siapkan seluas 7 hektare. Selama ini kita mash mengandalkan tanaman-tanaman yang dibeli dari luar Palembang. Tentu biaya yang dikeluarkan cukup besar. Nah, dengan adanya taman bunga sendiri kita bisa lebih mengoptimalkan lagi dana yang ada. Selain itu, taman bunga ini juga bisa menjadi destinasi wisata yang baru di Palembang dan menunjang perekonomian masyarakat juga,” jelas Romi, di sela-sela kunjungannya ke Taman Bunga Nusantara di Ciancur, kemarin.

Bukan itu saja, orang nomor satu di Palembang ini juga mengagas setiap kecamatan di Palembang untuk memiliki taman sendiri. Dengan ragam tanaman yang berbeda.

“Saya ingin setiap kecamatan di Palembang menyiapkan lahan yang dtanami dengan tanaman-tanaman bervariasi. Misalnya, di Sako ditanam bunga mawar, di kecamatan lain ditanam tanaman lain. Saya juga akan menggandeng ibu-ibu PKK Palembang untuk menggerakannya. Sekarang sudah berjalan Kebun Taman Obat Keluarga (Toga), di kecamatan. Nanti, saya akan dorong kembangkan taman bunga dan buah. Di setiap kecamatan akan distimulan Rp 5 juta untuk pengembangannya,” beber dia.

Romi berharap, Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan dapat mengembangbiakkan serta membudidayakan tanaman bunga hias yang disesuaikan dengan struktur tanah di Kota Palembang.

Sementara Kepala DP2K Palembang, Harrey Hadi, mengungkapkan, DP2K akan berupaya untuk memanfaatkan teknologi untuk membudidyakan tanaman hias yang beraneka ragam serata tempat untuk merawat dan membesarkan tanaman hingga siap tanam di lokas display.

“kita akan membuat green house sebagai pengembang bibit tanaman serta mampu mengelola bibit-bibit tanaman hias. Nanti DP2K juga akan berkoordinasi dengan DPJPP untuk mempercantik taman-taman yang sudah ada dan menambahkan beberapa alat seperti sound system (speaker) musik di beberapa titik taman. Agar masyarakat merasa nyaman saat duduk bersama keluarga ditaman tersebut,” katanya.

Hal senada diungkapkan Kepala DPJPP Palembang, Alex Ferdinandus. Menurutnya, pihaknya juga akan menambah pot-pot besar disudut-sudut jalan protokol dan beberapa titik jalan di seputar Kota Palembang. “Penataan tamn sudah mulai kami lakukan, dan akan terus dijalankan. Sehingga taman-taman di Palembang akan makin indah lagi,” pungkasnya. (Palembang EMAS)

Sumatera Ekspres, Senin, 17 Maret 2014

About Iwan Lemabang

Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Posted on March 17, 2014, in Palembang and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: