Pungli Marak, Sopir Resah

Dilakukan oleh Preman

Pungli Marak, Sopir Resah
Pungli: Aktivitas pungli oleh preman di jalan Talang Keramat membuat para sopir angkutan barang resah, hingga saat ini belum ada tindakan dari aparat.

————————————————————

BANYUASIN — Pungutan liar (pungli) yang dilakukan preman di Jalan Talang Kramat, Kecamatan Talang Kelapa, Banyuasin, makin meresahkan. Mereka meminta sejumlah uang kepada pengemudi angkutan barang yang melintas.

Tindakan tersebut tidak hanya meresahkan warga, melainkan para sopir angkutan barang pun kerap terganggu oleh aktivitas mereka. Melihat dari pola kerjanya, pungli diduga sudah terorganisasi. “Harus ada tindakan tegas dari aparat dan pemerintah,” ujar Sa, sopir pengangkut kelontongan yang melintas jalur tersebut.

Dampak dari adanya pungli, membuat persimpangan jalan yang menghubungkan Kota Palembang menuju Banyuasin kerap macet total, terutama saat jam kerja. “Saya harus merogoh uang Rp 5000 hanya untuk melintasi persimpangan tersebut,” kata Sa. Para preman berdalih mengatur lalu lintas hingga meminta uang kepada pengendara.

“Yang diincar kami ini yang bawa angkutan barang, sekali lewat itu Rp 5000. Kata mereka sih untuk kelancaran lalu lintas. Atas jasa mereka itu, mereka paksa minta uang,” terangnya. Diterangkannya, dia bolak balik melintas jalan tersebut. Dan setidaknya mengeluarkan Rp 10 ribu dari kantong pribadi.

Sementara, Kadishubkominfo Banyuasin, Supriadi SE Mstr melalui Kabid LLAJ Herlambang mengatakan, bagi pengendara atau masyarakat yang merasa dimintai uang, untuk melapor ke petugas kepolisian setempat. “Memang di lokasi itu tidak ada lagi petugas Dishub,” ucapnya. (qda/ce5)

Sumatera Ekspres, Selasa, 8 April 2014

About Iwan Lemabang

Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Posted on April 8, 2014, in Sumsel and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: