Warga Selamatkan Lansia dari Rumah Terbakar

Warga Selamatkan Lansia dari Rumah Terbakar
Tinggal Puing: Rumah panggung kayu milik Mardani ludes terbakar dan tinggal puing-puing tiang panggungnya saja, akibat dilalap si jago merah, kemarin (7/4).

————————————————————

PALEMBANG — Rumah panggung kayu milik Mardani (53), di Jl DI Panjahitan, Lr Pegagan, No 2430, RT 48/15, Kelurahan 16 Ulu, Kecamatan Seberang ulu (SU) II, ludes terbakar. Daam musibah yang terjadi sekitar pukul 10.30 WIB, kemarin (7/4) itu, nyaris membuat mertua Mardani, Kalam (83), terpanggang.

Sebab saat kejadian, kakek lanjut usia (lansia) itu sendirian di dalam rumah. Sementara penghuni lainnya pergi. Mardani bekerja sebagai buruh bangunan, istrinya, Sukarmi (50) pergi belanja ke pasar. Sedangkan dua anaknya, ada yang bekerja dan kuliah.

“Belum tahu sebabnyo, tapi ceritonyo kakek tu dio nak makan ke dapur, lihat asap ngepul. Dari situlah dio mintak pertolongan, warga langsung datang selamatke dio,” ujar Ketua RT 48, Zulkarnain (48), saat ditemui Koran Ini di lokasi kejadian, kemarin.

Warga hanya menduga, kebakaran disebabkan oleh hubungan arus pendek listrik. Lalu membakar rumah panggung kayu tersebut. Petugas Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Kota Palembang yang mengerahkan lima unit armadanya harus berjibaku memadamkan api.

Lokasi rumah yang terletak di lorong yang sempit, cukup menyulitkan petugas pemadam kebakaran untuk menjangkau lokasi dan memadamkan api. Tak sampai satu jam, rumah panggung kayu berikut isinya itu ludes terbakar.

Sementara pemilik rumah, Mardani, pascakejadian belum bisa ditemui. “Lagi shock, Dek. Biarlah dulu (jangan ditemui dulu). Memang idak berangin (angin tidak kencang saat kejadian), tapi rumah adek kami tu dari kayu, jadi galonyo tebakar. Barang-barang elektronik, termasuk ijazah anaknyo,” terang Jamaludin (58) kakak Mardani.

Kapolresta Palembang Kombes Pol Sabaruddin Ginting melalui Kapolsek SU II Kompol Suparlan SH, mengatakan, pihaknya mengambil beberapa sampel dari TKP, seperti kabel, untuk kepentingan penyelidikan. “Dugaan sementara baru konsleting listrik. Kita belum dapat taksir kerugian, masih akan dikoordinasikan dengan pemilik rumah setelah semuanya tenang,” pungkasnya. (aja/air/ce1)

Sumatera Ekspres, Selasa, 8 April 2014

About Iwan Lemabang

Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Posted on April 8, 2014, in Palembang and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: