Kalengkan Pindang Patin

Kalengkan Pindang Patin PALEMBANG — Badan Penelitian, Pengembangan, dan Inovasi Daerah (Balitbangnovda) Sumsel merencanakan pengalengan untuk berbagai produk khas Sumsel. Ini upaya Pemprov Sumsel untuk mendukung produk lokal agar mampu bersaing di pasaran.

Menurut Kepala Balitbangnovda Sumsel, Dr Ekowati Retnaningsih SKM MKes, pengadaan inkubator teknologi untuk pengalengan itu dalam proses pengadaan. “Harapannya, akhir tahun ini sudah dapat dioperasionalkan untuk membantu para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM),” bebernya.

Pada tahap awal, yang akan dikalengkan adalah makanan khas Sumsel, pindang patin. “Setetalh itu, kami akan gandeng semua UKM untuk mengalengkan produk mereka,” tuturnya.

Selama ini, kemasan yang tidak menarik menjadi salah satu kelemahan produk dari UKM Sumsel. Kemasan itu sangat berpengaruh terhadap penjualan. Penelitian Balitbangnovda Sumsel, Daricha Risanti menuturkan, untuk pengalengan pindang patin ini, pihaknya melakukan kersa sama dengan LIPI dan beberapa instansi terkait lainnya.

“Tidak hanya itu, kami juga siap membantu penelitian untuk pengalengan produk lainnya,” imbuhnya.

Beberapa waktu lalu, Direktur Dagang Kecil Menengah dan Produk Dalam Negeri, Hamid Suharto mengatakan, permasalahan yang menghantui pelaku UKM Sumsel sehingga sulit menembus pasar retail modern adalah minimnya daya kreativitas kemasan (packaging) serta kontinuitas produk.

Untuk itulah, pihaknya meminta UKM membenahi kemasan produk yang dihasilkan. Dia mengatakan, pelaku UKM perlu bekerja sama dengan pemerintah untuk memperbaiki mutu barang, kemasan, dan mekanisme distribusi. “Memang tidak mudah membina UKM, tapi kami optimis produk usaha rakyat itu bisa mendominasi pasar ritel jika semuanya dibenahi,” pungkasnya. (rip/ce4)

Sumatera Ekspres, Rabu, 16 April 2014

About Iwan Lemabang

Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Posted on April 16, 2014, in Palembang and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: