Debit Sungai Meningkat

Waspada Banjir

Debit Sungai Meningkat
Debit Naik: Hujan yang terus mengguyur wilayah Mura membuat debit air sungai mengalami peningkatan. Untuk itulah, pemerintah meminta agar warga yang tinggal di pinggiran sungai selalu waspada terhadap bahaya banjir

MUSI RAWAS — Hujan lebat yang turun ini membuat debit air di tiga sungai yakni Megang, Lakitan, dan Kelingi di Kabupaten Mura alami peningkatan. Dinas Sosial pun siaga mengantisipasi meluapnya ketiga sungai tersebut yang setiap tahun merendam permukiman warga.

Kepala Seksi (Kasi) Bencana Dinsos Mura, Bambang, mengatakan, pihaknya sudah menyurati pihak kecamatan di dua aliran sungai tersebut. termasuk wilayah lainnya, agar setiap hari memberikan laporan ketinggian air. “Kita mulai siaga beberapa hari terakhir ini. Sebab, Sungai Lakitan dan Kelingi mulai alami ketinggian. Dan kita minta pihak Kecamatan terus memantau kondisi di lapangan,” ungkap Bambang.

Menurutnya, setiap tahun luapan dua aliran sungai tersebut merendam permukiman warga. Meliputi permukiman warga di wilayah Muara Beliti, Muara Kelingi, Muara Lakitan, dan Megang Sakti yang dilintasi aliran Sungai Megang. “Kita sudah siapkan tiga perahu karet yang sewaktu-waktu dibutuhkan untuk mengangkut bantuan di lapangan. Termasuk menyiagakan 3,5 ton beras di gudang bulog,” ujarnya.

Dedi, warga Desa Pulau Panggung, Kecamatan Muara Kelingi, yang tinggal dipinggir aliran Sungai Kelingi mengaku sudah dua minggu terakhir aliran Sungai Kelingi debit airnya meningkat. Biasonyo kalu lah cak ini, kami mindahke perabot ke tempat yang tinggi biar dak keno banjir,” ujarnya.

Selain itu, warga yang bermukim sekitar aliran sungai juga saling mengingatkan untuk waspada. “Meningkatnya debit air ini dikhawatirkan terjadinya banjir,” ujarnya. (wek/ce6)

Sumatera Ekspres, Rabu, 6 November 2013

About Iwan Lemabang

Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Posted on November 6, 2013, in Sumsel. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a comment